Ilham Azikin Kembali Antar Bantaeng Raih KLA Predikat Madya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG– Kabupaten Bantaeng kembali meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Madya, Kamis (29/7). KLA kategori Madya ini diraih Pemkab Bantaeng dalam dua tahun terakhir, di masa kepemimpinan Ilham Syah Azikin sebagai Bupati Bantaeng.

Sebelumnya, sejak 2016, Bantaeng meraih penghargaan KLA kategori pratama. Kategori ini adalah kategori paling dasar di penghargaan KLA ini.

“Kita naik satu tingkat sejak 2019 lalu menjadi Madya. Sekarang kembali kita raih KLA kategori Madya,” kata kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMDPPA) Kabupaten Bantaeng, Ahmad Yani.

Dia mengatakan, kategori madya ini adalah level menengah untuk penghargaan KLA. Dia berharap, tahun depan, Bantaeng bisa meraih KLA kategori Nindya atau utama. “Kita berharap tahun depan bisa lebih baik lagi,” jelas dia.

Bantaeng meraih penghargaan KLA ini bersama dengan sejumlah daerah lainnya di Sulsel yang juga meraih KLA kategori Madya. Daerah lainnya di antaranya adalah Luwu Utara, Barru, Bulukumba dan Sidrap.

Penghargaan ini diserahkan secara virtual oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bintang Puspayoga secara virtual. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, isu melingkupi anak sangat kompleks. Oleh karena itu, komitmen lintas sektoral menjadi hal yang paling esensial demi terpenuhinya hak atas anak.

“Hak harus tetap dipenuhi oleh sebuah sistem yang terintegrasi,” jelas dia.

Dia mengatakan, meskipun KLA sempat tertunda pada 2020, Kementerian PPA ini kembali digelar 2021. Dia menyebut, penghargaan KLA ini diberikan kepada daerah yang memiliki komitrmen kuat atas pemenuhan hak anak. Penyerahan penghargaan ini dilakukan atas seleksi yang ketat dari Kementerian PPA dan tim independen.

  • Bagikan