TP: Pemkot Parepare Berkomitmen Penuhi Hak dan Perlindungan Khusus Anak

Kamis, 29 Juli 2021 14:11

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Komitmen tinggi Pemerintah Kota Parepare dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak kembali diakui oleh pemerintah pusat. Predikat Kota Layak Anak (KLA) yang diperoleh sejak 2017 berhasil dipertahankan, bahkan tahun 2021 ini, Parepare naik kelas dari kategori Madya ke Nindya.

Penerimaan penghargaan KLA kategori diumumkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, Kamis, (29/7/2021).

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan apresiasi dan penghargaan. “Ini adalah wujud komitmen tinggi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang dinilai oleh Tim Independen menggunakan 24 indikator,” ujar I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Adapun 24 indikator penilaian dalam pemenuhan hak anak sebagai Kota Layak Anak tersebut dirangkum dalam lima klaster kelembagaan, yakni pemenuhan perlindungan khusus, pemenuhan hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe usai menyaksikan pengumuman penerimaan penghargaan tersebut di ruang Pola Setdako Parepare mengatakan, meskipun Parepare berhasil meraih predikat Kota Layak Anak, namun penghargaan ke-194 di era kepemimpinannya ini bukanlah menjadi tujuan utama, tetapi sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam memenuhi hak-hak anak sebagai generasi emas penerus bangsa.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus menunjukkan komitmen kuat terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak,” ujar Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Golkar Sulsel ini.

Baca juga: Parepare Optimis Raih Kota Layak Anak Kategori Nindya https://rakyatsulsel.co/2021/06/15/parepare-optimis-raih-kota-layak-anak-kategori-nindya/

Dalam pemberian predikat Kota Layak Anak ini, terdapat lima kategori penghargaan, yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Komentar

VIDEO TERKINI