Pemkab Sinjai Harap Toko Ritel Modern Siapkan Gerai Produk Lokal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Kontribusi toko retail modern yang ada di Kabupaten Sinjai selama ini dipertanyakan, utamanya dalam mengakomodir produk lokal. Sabtu, (31/7/2021).

Hasil penelusuran di beberapa toko modern seperti indomart dan Alfamidi yang tersebar di Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai tidak ditemukan adanya gerai untuk produk lokal Sinjai.

Padahal di Sinjai saat ini dibawah pemerintahan Bupati Andi Seto Gadista Asapa digalakkan pengembangan UMKM (usaha mikro kecil dan menegah) yang butuh pemasaran.

Kepala Dinas Perindustrian, perdagangan dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh meminta toko berjejaring di Sinjai untuk menyiapkan gerai khusus yang menyiapkan produk lokal.

“Supaya UMKM di daerah juga bisa hidup. Kalau UMKM hidup, berarti banyak tercipta lapangan kerja, karena UMKM itu mempekerjakan banyak orang, dengan demikian roda ekonomi turut berputar,” terangnya.

Toko retail modern diminta untuk tidak hanya memperkaya atau menjaga supaya produk-produk dari luar.

Tapi juga produk-produk lokal harus hidup. Untuk itu dirinya menginginkan standarisasi perlu dipandu oleh pihak toko modern.

“Kalau ke depan tetap tidak memasang gerai untuk produk lokal, maka kami mempertimbangkan memperpanjang izinnya nanti,” bebernya.

Saleh menganggap selama ini kontribusi mereka tidak ada, bahkan bisa mematikan pengusaha lokal yang saat ini ada di Sinjai. (sir)

  • Bagikan