92 Siswa Satdik-2 Makassar Ikuti Skrining Donor Plasma Konvalesen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar terus berupaya mencari pendonor plasma konvalesen.

Hal tersebut usai permintaan akan plasma konvalesen meningkat drastis. Bahkan permintaan bukan hanya dari Makassar.

Kali ini, PMI Makassar pun menggaet siswa Satdik-2 Makassar. Sebanyak 92 orang didaftarkan untuk donor plasma konvalesen.

Kegiatan skrining untuk donor plasma konvalesen terhadap 92 siswa itu digelar di Lantamal VI Makassar, Sabtu (29/07/2021). Kegiatan dihadiri Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, Kepala Satdik-2 Kota Makassar, Letkol Laut (K) Endro S, Kepala Diskes Lantamal, Kolonel dr David, dan Wakil Ketua UTD PMI Makassar, Khudri Arsyad.

Disampaikan Khudri Arsyad, kerjasama ini sangat diperlukan. Sebab, PMI Makassar masih banyak membutuhkan pendonor plasma konvalesen.

"Jadi ini hasil kesepakatan semua angkatan dan TNI Pusat untuk membackup persediaan plasma konvalesen," ujar Khudri.

"Dari 250 orang, 92 inilah yang ikut. Mereka ini angkatan pertama rekrutan lokal. Jadi mereka dominan dari Sulawesi," tambahnya.

Siswa Satdik-2 Makassar diharapkan mampu memenuhi kebutuhan PMI Makassar. Sebab, tak semua penyintas Covid-19 bisa lolos syarat untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.

"Jadi mereka ini punya fisik yang kuat. Pusdiklat Lantamal yang skrining dulu untuk mengecek rapid antibodi dan mengambil sampel titer antibodi," sambung Khudri.

Pihaknya berharap mereka semua memenuhi syarat untuk menjadi pendonor. Sehingga, kebutuhan pasien Covid-19 di sejumlah RS bisa terpenuhi.

  • Bagikan