Tips Pembelajaran Daring yang Menarik

Sabtu, 31 Juli 2021 13:22

Sebagai pemateri ketiga, Rustan membawakan tema “Digitalisasi Pendidikan”. Rustan memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan agar pembelajaran daring menjadi lebih menarik, di antaranya membuat materi yang sesederhana mungkin tetapi tetap menarik, mengubah materi ke dalam bentuk video, membuat kelompok belajar kecil, dan menambahkan elemen interaktif.

Adapun Asniwun Nopa selaku pemateri terakhir membawakan tema “Menjaga Keamanan Digital bagi Anak di Dunia Maya”. Menurut Asniwun, memberikan gawai kepada anak bukan suatu hal yang salah, namun orang tua yang bijak adalah orang tua yang mengenal kebutuhan anak mengenai gawai sebelum langsung memberikannya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Terlihat antusiasme dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber. Panitia memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Salah satu pertanyaan menarik datang dari peserta bernamaMulyani yang menanyakan apakah orangtua perlu menguasai literasi digital. Menurut Eryvia, orangtua perlu lebih mengetahui mengenai literasi digital dibandingan anak karena orangtua merupakan tameng anak.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI