Danny Sebut Pemkot Makassar Punya 12 Ribu PCR yang Mampu Deteksi 4 Varian

Rabu, 4 Agustus 2021 09:36

Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Mohammad Rhamdan Pomanto menyebutkan, pemerintah Kota Makassar punya 12 ribu alat PCR yang mampu mendeteksi empat varian covid-19.

Selain alat PCR, terdapat 14 ribu antigen. Namun kata Danny sapaan akrabnya, alat tersebut belum digunakan karena masih ada stok sebelumnya belum habis dipakai.

“Saat ini ada 12 ribu PCR yg bisa mendeteksi empat varian dan antigen kami 14 ribu. Antigen itu belum kami gunakan. Masih jadi stok, sementara yang digunakan yang sumbangan dulu jika habis baru dipakai. Cukup banyak stok,” kata Danny, Selasa, (3/8/2021).

Sebelumnya, ia menegaskan akan segera merampungkan pembangunan laboratorium pemeriksaan Covid-19 di RSUD Daya.

Laboratorium ini mampu mendeteksi Covid 19 varian baru, seperti, varian Inggris (B.1.1.7), varian India (B.1.6.1.7), varian Afrika Selatan (B.1.3.5.1), dan varian (B.1.5.2.5).

Orang nomor satu kota Makassar tersebut mengungkapkan, laboratorium ini disiapkan untuk mendeteksi hingga 1200 sampel Swab PCR per hari dan akan beroperasi selama 24 jam.

“PCR biasa, kalau dia delta , tidak terdeteksi, dianggap negatif, tapi di sini, super sensitif, bisa mendeteksi varian baru yang bergeser dari pada corona virus ini,” ujarnya.

Selain itu kata Danny, laboratorium ini diperuntukan untuk setiap warga yang dideteksi oleh Tim Detektor, tanpa dipungut biaya.

“Jadi semua orang yang dideteksi oleh detektor kalau ada yang sakit,maka Covid Hunter datang, semua gratis kalau lewat detektor dan covid hunter, kalau mandiri, itu dia komersil,” ujarnya.

“Saya kira ini patut kita syukuri sehingga hulu-hilir kita lengkap, kita punya PCR sendiri, kita punya isolasi apung, dan kita punya nanti insya Allah kita liat kemungkinan nya membuat rumah sakit darurat,” imbuhnya. (selfi/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI