Bantaeng Bakal Produksi Nutri Zinc, Varietas Padi yang Bisa Cegah Stunting

Kamis, 5 Agustus 2021 15:32

PANEN. Bupati Bantaeng Ilham Azikin panen padi Varietas Nutri Zinc di Kelurahan Lamalaka, Kamis, 5 Agustus 2021 dengan luas lahan 15 hekatare. (AKBAR WAHYUDI/FAJAR.co.id)

“Pupuk hayati berbasis mikroba ini akan akan merangsang kesuburan tanah dan tanaman,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengaku akan memberikan support terhadap pengembangan ini. Dia mengaku tertarik untuk mengembangkan varietas padi Nutri Zinc di Bantaeng. Tahun depan, Bantaeng diharapkan dapat surplus benih varietas padi Nutri Zinc ini.

“Kita berharap penangkaran benih ini sudah mulai dikembangkan tahun ini. Tahun depan, kita sudah bisa memproduksi benih-benih ini,” ungkap Bupati peraih penghargaan ketahanan pangan nasional ini.

Dia mengaku akan mengajak banyak pihak untuk terlibat dalam pengembangan pembenihan ini. Menurutnya, hal ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini. Dia juga mengaku akan membangun koordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Komisi IV DPR RI untuk pengembangan benih ini.

“Kita akan mengajak Kodim 1410/Bantaeng. Kita berharap, tahun depan kita sudah bisa menyebar benih-benih ini. Semoga berkat benih ini, kita bisa mengatasi stunting dari Bantaeng,” jelas dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bantaeng, Budi Taufik mengatakan, Bantaeng dinilai sebagai salah satu daerah dengan indeks pertanaman 300 persen. Artinya, potensi pertanian di Bantaeng bisa mencapai di atas lima ton per hektare untuk tanaman padi.

Budi Taufiq menyebut, indeks pertanaman yang mencapai 300 persen ini menjadikan Bantaeng sebagai salah satu daerah yang berpotensi mengembangkan varietas Nutri Zinc ini.

“Potensi produksi ini mencapai 7,1 ton per hektare. Masa panen bisa mencapai 100 hari di musim tanam kedua. Bantaeng sangat potensial untuk pengembangan ini,” jelas dia.

Dia mengatakan, ada perlakuan-perlakuan khusus untuk memproduksi benih. Di antaranya adalah kesiapan benih dan tempat penangkaran.

Komentar

VIDEO TERKINI