Peran Sastra Anak pada Masa Pandemi Covid-19

  • Bagikan

Jenis atau biasa di sebut dengan genre sastra anak fiksi, non fiksi, puisi, buku bergambar dan komik. Sebagaimana halnya orang dewasa, anak pun membutuhkan informasi tentang dunia, tentang segala sesuatu yang ada dan terjadi di sekelilingnya tentu saja informasi tersebut di kemas dengan bahasa yang lebih sederhana dan gambar yang mempunyai warna yang menarik.

LSastra anak juga dapat berkisah tentang apa saja, bahkan yang menurut ukuran orang dewasa tidak masuk akal. Misalnya, kisah binatang yang dapat berbicara, beringkah laku, berpikir dan berperasaan layakya manusia. Salah satu genre sastra anak yang paling banyak di minati adalah video animasi atau film kartun, tidak hanya di sukai oleh anak-anak, ada juga orang dewasa yang masih menyukai menonton film kartun dan ada pula yang menjadikan membaca komik salah satu hobi nya.

Seperti yang kita ketahui untuk mencegah terinfeksi virus corona kita di harapkan mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker, menerapkan physical distancing, isolasi mandiri, membersihkan rumah, melakukan disinfeksi secara rutin dan menjaga daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit, salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengelola stres karena stres bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila berlebihan dan tidak terkontrol.

LContoh cara mengelola stres yaitu dengan menghibur diri dan memiliki hobi, jadi manfaat sastra anak pada masa pademi dapat menaikkan imun tubuh karena saat membaca atau menonton film kartun dapat meningkatkan hormon Dopamin dan Serotonin sehigga mengatur suasana hati dan meningkatkan perasaan positif.

  • Bagikan