Peran Sastra Anak pada Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 5 Agustus 2021 15:00

Audia Auliah Ali, Mahasiswa FBS UNM 2015

LSastra anak juga dapat berkisah tentang apa saja, bahkan yang menurut ukuran orang dewasa tidak masuk akal. Misalnya, kisah binatang yang dapat berbicara, beringkah laku, berpikir dan berperasaan layakya manusia. Salah satu genre sastra anak yang paling banyak di minati adalah video animasi atau film kartun, tidak hanya di sukai oleh anak-anak, ada juga orang dewasa yang masih menyukai menonton film kartun dan ada pula yang menjadikan membaca komik salah satu hobi nya.

Seperti yang kita ketahui untuk mencegah terinfeksi virus corona kita di harapkan mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker, menerapkan physical distancing, isolasi mandiri, membersihkan rumah, melakukan disinfeksi secara rutin dan menjaga daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit, salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengelola stres karena stres bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila berlebihan dan tidak terkontrol.

LContoh cara mengelola stres yaitu dengan menghibur diri dan memiliki hobi, jadi manfaat sastra anak pada masa pademi dapat menaikkan imun tubuh karena saat membaca atau menonton film kartun dapat meningkatkan hormon Dopamin dan Serotonin sehigga mengatur suasana hati dan meningkatkan perasaan positif.

Memperkenalkan karya sastra anak sedini mungkin pada anak juga dapat mengedukasi anak tentang bagaimana pesan yang terkandung dalam buku cerita yang di bacakan oleh ibu nya maupun film animasi, beragam karakter juga dapat membuat anak dapat membedakan karakter atau watak yang patut di teladani dan karakter yang tidak baik di contoh, ketika anak sedang menonton atau pun membaca sebaiknya orang tua mendampingi anaknya agar jika ada sesuatu mengenai film atau bacaan yang kurang di pahami oleh anak orang tua mampu menjelaskan dengan bahasa yang lebih di pahaminya.

Komentar

VIDEO TERKINI