Basarnas Sulsel Latih 50 Potensi SAR, Siap Berikan Perlindungan di Wilayah Kabupaten Luwu Utara

Selasa, 10 Agustus 2021 13:11

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA–Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Pelatihan Potensi SAR di Permukaan Air (Water Rescue). Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari, mulai 9 – 12 Agustus 2021, di Luwu Utara. Sebanyak 50 Potensi SAR ikut dalam pelatihan ini. Terdiri dari aparat TNI, Polri, institusi Pemda, serta organisasi masyarakat lainnya.

Kepala Basarnas Sulsel, Dr. Djunaedi, mengaku Pelatihan Potensi SAR di Luwu Utara paling berkesan karena dilaksanakan dengan cepat. Hal itu dilakukan dalam rangka mempercepat pemberian perlindungan di wilayah Luwu Utara. “Tujuan kita adalah bagaimana memberikan pelatihan yang sesuai SOP, sehingga jika terjadi banjir, longsor, dan pertolongan di permukaan air, peserta bisa cepat memberikan respon dan segera meluncur ke lokasi dengan cepat,” kata Djunaedi pada Pembukaan Pelatihan Potensi SAR, Senin (9/8/2021), di Aula La Galigo.

Djuanedi menyebutkan, instruktur yang dilibatkan dalam Pelatihan Potensi SAR adalah instruktur terbaik di Indonesia yang didatangkan langsung dari Basarnas Pusat. “Semua instruktur yang kita libatkan adalah instruktur terbaik yang kemampuannya tidak bisa diragukan lagi. Kami hadirkan dari Jakarat, pelatih khusus Potensi SAR,” sebut Djunaedi.

Masih Djunaedi, dengan adanya Pelatihan Potensi SAR nantinya akan memberikan rasa nyaman kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Luwu Utara. “Jadi, nanti tidak ada lagi masyarakat yang teriak-teriak minta tolong, karena pada saat ada kejadian, teman-teman yang telah dilatih ini akan langsung meluncur ke lokasi kejadian, sehingga korban bisa kita atasi. Tentu kita akan bekerja sesuai SOP yang ada,” tutur Djunaedi.

Djunaedi berharap, para peserta dapat berinovasi dan berkreasi dalam memberikan perlindungan di wilayah Kabupaten Luwu Utara agar tidak terjadi korban kecelakaan, baik kecelakaan pelayaran, penerbangan, ataupun bencana lainnya. “Semua sudah siap untuk itu,” imbuh dia, seraya mengatakan bahwa semua peserta pelatihan Potensi SAR ini telah dimasukkan ke dalam monev potensi SAR Basarnas.

Komentar

VIDEO TERKINI