RSUD Maspul Enrekang Kewalahan, Keluarga Jenguk Pasien Covid Tanpa APD

Selasa, 10 Agustus 2021 16:12

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Viral, video pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Massenrempulu (Maspul) Kabupaten Enrekang dijenguk keluarga tanpa mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

Video berdurasi tujuh detik itu memperlihatkan pasien Covid-19 yang sedang dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Maspul dijenguk sejumlah keluarga tanpa mengenakan APD lengkap sesuai standar Covid-19.

Plt Direktur RSUD Maspul Enrekang, drg Ira Desti Saptari mengatakan, akibat melonjaknya pasien Covid yang dirawat di RSUD Maspul, mengakibatkan pihaknya kewalahan untuk memantau pasien Covid dan keluarganya.

“Ini karena banyak sekali memang pasien. Kami keterbatasan petugas, sehingga tidak setiap saat terpantau,” katanya saat ditemui FAJAR, Selasa, 10 Agustus 2021.

Ira mengungkapkan, pihaknya juga sudah berusaha untuk memberikan peringatan dan mengedukasi pihak keluarga untuk tidak masuk menjenguk. Namun, hal tersebut tak diindahkan pihak keluarga, sehingga terjadi hal seperti itu.

“Petugas sudah mengedukasi keluarga pasien untuk tidak menjenguk karena ini pasien Covid. Berulang kali kami sampaikan, tapi kita keterbatasan juga,” ungkapnya.

Lebih naasnya lagi, dalam video tersebut, beberapa perawat di ruang IGD tempat pasien Covid juga tak mengenakan APD lengkap.

“Petugas itu mungkin pergantian shift karena yang melayani pasien pasti memakai APD lengkap,” ujar drg Ira.

Diketahui, pasien covid yang sempat dirawat di ruang IGD Maspul Enrekang dinyatakan meninggal dunia pada dini hari, Selasa, 10 Agustus 2021.

Masalah tak sampai disitu. Beberapa pihak keluarga merasa keberatan atas pelayanan RS Maspul Enrekang. Pasalnya, jenazah baru dimakamkan pada pagi hari dikarenakan tidak adanya peti untuk jenazah Covid.

Sementara itu, Kapolres Enrekang, AKBP Andi Sinjaya menegaskan, akan memperketat penjagaan di RSUD Maspul Enrekang. Itu dilakukan untuk mencegah hal serupa terjadi.

Komentar

VIDEO TERKINI