Sejak KM Umsini Beroperasi, Sudah 61 Pasien yang Dinyatakan Sembuh

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sejak Kapal Motor (KM) Umsini beroperasi sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 yang tanpa gejala ataupun yang bergejala ringan, tercatat sudah 61 orang yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

Tim Dokter KM Umsini dr. Udin Shaputra Malik, mengatakan, sebanyak 43 pasien isolasi apung terpadu di KM Umsini diizinkan pulang hari ini.

"Sehingga total yang pulang hari ini dari 98 orang pasien di KM Umsini adalah 43 orang," kata Tim Dokter KM Umsini dr. Udin Shaputra Malik, Selasa (10/8/2021).

Sedangkan, sebelumnya telah ada 18 orang yang dipulangkan pada gelombang pertama. Mereka yang pulang adalah pasien lanjutan yang sebelumnya telah melakukan isolasi di darat.

Secara keseluruhan, tercatat 116 pasien COVID-19 yang telah dan sementara melakukan isolasi di Kapal Umsini. Setelah dipulangkan 61 orang, berarti masih ada 55 pasien yang isolasi.

Ia menjelaskan, pihak Isolasi Apung terus berkoordinasi dengan Puskesmas di Kota Makassar untuk membantu pasien yang ingin melakukan isolasi di KM Umsini.

"Kepada warga yang mengalami gejala kami minta segera melaporkan diri ke puskesmas untuk dilakukan tes. Sehingga Pemkot Makassar bisa memutus mata rantai covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Makassar Recover Henni Handayani menyebutkan, pasien yang pulang akan diberikan surat keterangan isolasi dan sertifikat dari Dinas Kesehatan. Saat ini, pasien yang masih menjalani isolasi mandiri di KM Umsini sebanyak 55 orang.

Lebih lanjut kata dia, jumlah pasien sembuh yang dibolehkan pulang hari ini adalah kontribusi nyata isolasi apung membantu warga melakukan isolasi.

  • Bagikan