FAJAR.CO.ID,MAKASSAR--Masa Pandemi dengan pemberlakuan PPKM, membuat usah kini menjadi berdampak dengan kurabgnya penjualan.
Kendati demikian dibuat inovasi, salah satunya konsisten membantu jutaan penjual di platform digital. Tokopedia yang hampir 100 persen UMKM lokal - menciptakan peluang lewat teknologi selama hampir 12 tahun.
Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Yanuar Rakhmad mengungkapkan mewujudkan misi besar pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, Tokopedia telah menghadirkan inisiatif Hyperlocal sejak pertengahan 2020 lalu.
"Inisiatif Hyperlocal percepat Digitalisasi UMKM Lokal di Indonesia Tengah," ucapnya.
Tujuannya, kata Yanuar, agar seluruh masyarakat punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, bahkan di tengah pandemi.
Inisiatif tersebut telah mendorong peningkatan transaksi selama 2021 dibanding 2020. Kategori perawatan diri, otomotif serta handphone dan gadget merupakan kategori dengan pertumbuhan paling pesat di Makassar.
Salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia adalah kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Selain itu bersama pemerintah pusat dan daerah juga telah menghadirkan inisiatif Digitalisasi Pasar.
Salah seorang Pemilik Usaha Berasbdi Makassar, Andi Kasma mengaku telah merasakan dampak positif setelah mengikuti kampanye KTP Makassar.
"Penjualan saya naik hingga 2x lipat dengan kenaikan omzet sebesar 40%," ucapnya.
Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan menyatakan, cara jnu membantu para pedagang pasar tradisional di berbagai daerah, termasuk di Makassar.