Dorong Percepatan Digitalisasi, Perumda Pasar Gelar Sosialisasi Implementasi QRIS

Kamis, 12 Agustus 2021 11:37

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perumda Pasar Makassar Raya menyelenggarakan sosialisasi implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), di Pasar Kampung Baru yang terletak di Jalan Pattimura, Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar, Kamis, (12/8/2021).

Sosialisasi QRIS ini bertujuan untuk mendorong digitalisasi pasar yang sangat dibutuhkan di masa pandemi COVID-19.

Dilansir dari web resmi Bank Indonesia, QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Direktur Operasional (Dirops) Perumda Pasar Makassar Raya, Saharuddin Ridwan berharap agar sosialisasi ini dapat betul-betul memberikan manfaat kepada masyarakat.

Apalagi kata dia, digitalisasi telah menjadi program sejak tahun sebelumya. Ia juga berharap Pasar Kampung Baru dapat menjadi percontohan di tempat lain.

“Sejak tahun lalu bagaimana menjadikan pasar ini pasar digital. Digitalisasi pasar itu percontohan disini,” katanya ketika memberi sambutan.

Ia menjelaskan ada sekitar 18 pasar yang memiliki gedung di Makassar. Di luar itu ada juga pasar darurat atau pasar yang dikerjasamakan dan beberapa jenis pasar lainnya.

“Mudah-mudahan QRIS ini bisa berjalan maksimal. Silakan pasar-pasar yang lain kita siap untuk bekerjasama,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Direktur Kantor Perwakilan BI Sulsel, Devi Ika Puspitasari menyebutkan, ia telah mendengar, Pasar Kampung Baru menjadi percontohan pasar digital.

Ia juga menegaskan pentingnya mendorong digitalisasi pasar di tengah pandemi COVID-19.

“Di era pandemi COVID-19 kita harus menyesuaikan diri. Utamanya dalam pembayaran dulu kita tunai sekarang mestinya non tunai,” tuturnya. (selfi/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI