Perindah Area Kampus, Unhas Tanam Ratusan Anggrek

Jumat, 13 Agustus 2021 09:57

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Universitas Hasanuddin (Unhas) menanam ratusan tanaman anggrek untuk memperindah area Pintu Satu yang menjadi gerbang utama memasuki kawasan kampus tersebut. Penanaman anggrek tersebut dilakukan dalam rangkaian Program Pengabdian Kepada Masyarakat Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPM-PPUPIK) 2021.

“Kami menanam berbagai jenis anggrek, mulai dari Anggrek Bulan, Dendrobium , Cattleya, Cymbidium, hingga jenis anggrek spesies,” kata Penanggung Jawab PPM-PPUPIK Rinaldi Sjahril di Makassar, Kamis.

Rinaldi menjelaskan pihaknya berupaya memperindah kawasan ini untuk memberikan pengalaman yang lebih mengesankan bagi masyarakat yang datang mengunjungi salah satu kampus terbesar di Indonesia tersebut. Saat ini, kata dia, masyarakat ramai mengunjungi kawasan tersebut untuk sekedar berjalan-jalan atau berolah raga menikmati keasrian kampus Unhas.

“Apalagi menyambut momen Dies Natalis dan wisuda, masyarakat dapat memanfaatkan titik-titik di mana anggrek tersebut diletakkan sebagai tempat berfoto,” tambahnya.

Anggrek-anggrek tersebut, tutur Rinaldi, merupakan hasil pembiakan dan pengembangan yang menjadi koleksi Teaching Industry Unhas. Teaching Industry Unhas memiliki laboratorium Kultur Jaringan di mana tanaman anggrek diperbanyak lalu ditumbuhkan menjadi tanaman utuh, dan dirawat di fasilitas Screen House.

Penanaman anggrek ini, jelas Dosen Fakultas Pertanian Unhas tersebut, bukannya tanpa kendala. Kendala terbesar, lanjutnya, adalah tingginya kasus pencurian bunga anggrek tersebut. Keindahan dan harga tanaman yang cukup mahal, membuat tanaman ini menjadi sasaran pencurian.

“Kami berharap masyarakat memahami bahwa bunga-bunga tersebut adalah milik seluruh masyarakat yang datang dan menikmati keindahannya, kami juga akan berkoordinasi dengan sekuriti kampus agar bunga-bunga mendapat perhatian yang lebih besar,” pungkasnya.(rls)

Komentar

VIDEO TERKINI