Tata Ulang Lokasi Kebakaran di Jongaya, Wali Kota Makassar Gunakan Anggaran Kementerian PUPR

Jumat, 13 Agustus 2021 09:44

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berencana menggunakan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penataan ulang lokasi kebakaran di Jalan Muh Tahir, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate.

“Saya ambil dari anggaran perbaikan rumah ada dari Kementerian Perumahan. Kalau bisa saya ambil itu. Kebetulan saya belum tanda tangan juga SK-nya itu yang per 20 juta rumah. Kenapa tidak ini saja dipakai? Jelas. Kalau butuh bantuan,” katanya, Kamis, (12/8/2021).

Namun, kata dia, pihaknya sementara menunggu kesepakatan dari warga yang ada di sana dan pihak Pemprov dalam hal ini Perumda Sulsel selaku pemilik tanah.

Ia pun telah meminta pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk berkoordinasi dengan masyarakat. Dan dirinya juga akan menghadap ke Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Saya sudah tugasi camat lurah, RT, RW, dan Dinas Sosial untuk meyakinkan masyarakat bikin seperti itu. Nanti saya menghadap kepada Pak Gubernur,” ujarnya.

Lanjut kata dia, untuk sementara para korban akan mengungsi. Sembari menunggu rumah-rumah di sana dapat ditinggali kembali.

“Kita sudah bicarakan. Pengungsian dulu. Jadi kemarin itu di masjid kemudian, di keluarganya mereka masing-masing. Kita kasi juga tenda,” ujarnya.

Ia menyebutkan para korban di sana sangat membutuhkan pakaian setelah harta benda mereka habis dilahap api.

“Banyak tidak dapat pakaian, biar bajunya tidak ada. Saya punya kelompok anak-anak muda ini untuk masker, ibu-ibu lagi cari baju-baju bekas dan baju-baju yang layak,” jelas orang nomor satu Kota Makassar tersebut.

Untuk bantuan logistik kata Danny, sudah menjadi kewajiban pemerintah sesuai aturan yang ada. (selfi/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI