Tiap Tahun DPRD Pinrang Anggarkan Pengadaan Pakaian, Pengamat: Harus Pikirkan Kondisi Krisis

Jumat, 13 Agustus 2021 13:48

FAJAR.CO.ID, PINRANG— DPRD Pinrang ternyata punya anggaran cukup besar untuk pengadaan pakaian tiap tahunnya. Padahal item pakaian yang dibeli sama saja.

Berdasarkan penelusuran LPSE Pinrang, ditemukan anggaran tiap tahun untuk pengadaan pakaian di sekretariat DPRD Pinrang terjadi peningkatan. Total anggaran yang digunakan dari APBD tahun 2020 untuk belanja pakaian DPRD Pinrang Rp312 juta. Setahun berselang anggaran membengkak menjadi Rp368 juta.

Pada tahun 2020 lalu item belanja sekretariat DPRD Pinrang untuk tiga jenis pakaian yakni pakaian sipil harian, pakaian sipil resmi, dan pakaian adat.

Rinciannya, untuk belanja Pakaian Sipil Harian (PSH) anggarannya mencapai Rp120 juta. Selanjutnya pengadaan Pakain Sipil Resmi (PSR) anggaran sebesar Rp72 juta.

Terakhir, ada juga belanja pakaian adat dengan anggarannya Rp120 juta. Jadi, total anggaran yang digunakan dari APBD tahun 2020 untuk belanja pakaian DPRD Pinrang Rp312 juta.

Sementara pada tahun 2021 ini, sekretariat DPRD Pinrang kembali menganggarkan empat jenis pakaian yakni pakaian dinas harian, pakaian sipil harian, pakaian sipil resmi, dan pakaian adat daerah.

Total anggaran yang digunakan dari APBD tahun 2021 untuk belanja pakaian DPRD Pinrang Rp368 juta. Lebih besar dari anggaran sebelumnya.

Rinciannya, belanja Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Sipil Harian (PSH) untuk pimpinan dan anggota DPRD sebesar Rp168 juta.

Selanjutnya, belanja Pakaian Sipil Resmi (PSR) dan Pakaian Adat Daerah untuk pimpinan dan anggota DPRD Pinrang dengan angaran Rp200 juta. Sehingga total anggaran yang digunakan dari APBD tahun 2020 untuk belanja pakaian DPRD Pinrang Rp368 juta.

Menanggapi terkait pengadaan pakaian setiap tahun tersebut, Ketua DPRD Pinrang, Muhtadin menyampaikan ada regulasi yang mengatur terkait pengadaan pakaian dinas sebagai bagian dari tunjangan kesejahteraan pimpinan dan anggota DPRD.

Komentar

VIDEO TERKINI