Kreatif, Sejumlah Pemuda di Polman Ubah Vespa jadi Perpustakaan Berjalan

Senin, 16 Agustus 2021 18:53

FAJAR.CO.ID, POLMAN — ‘Buku Adalah Jendela Dunia’ itu pepatah yang jadi rujukan sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas Kampung Pendidikan.

Pepatah itu bermakna dengan membaca buku, seseorang akan dapat memperoleh ilmu dan mengetahui banyak hal tanpa harus melihat langsung.

Olehnya, sejumlah pemuda itu menyulap kendaraan bermotor jenis Vespa menjadi perpustakaan berjalan.

Berbekal motor Vespa berwarna hijau yang dimodif sedemikian rupa, mereka keliling berbagi ilmu, menumbuhkan minat baca, serta mengedukasi pentingnya budaya literasi di negara yang sedang berkembang ini.

Amrillah, Ketua Kampung Pendidikan menyebut bahwa Vespa Pustaka ini merupakan hasil kolaborasi anak-anak Kampung Pendidikan dengan komunitas Vespa Polman.

Vespa ini sendiri dibuat dari donasi Baznas yang kemudian ditujukan untuk komunitas Kampung Pendidikan.

“Vespa Pustaka ini nantinya akan membawa ratusan buku-buku di Kampung Pendidikan hingga ke pelosok desa untuk warga yang ingin menambah wawasan,” ujarnya.

Pilihan Vespa sendiri, kata Amrillah, dapat menarik perhatian masyarakat, sehingga mudah untuk menyosialisasikan program ini.

“Kenapa memilih Vespa karna masih sangat jarang perpustakaan keliling yg menggunakan motor Vespa, salah satu alasanya juga lebih unik lebih menarik perhatian karna beda dari yang lain,” ujarnya.

Dengan berbagai bantuan dari sejumlah pihak, kini Vespa Pustaka itu sudah dapat berkeliling mencerdaskan generasi bangsa. (Zaki/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI