Agar Pembelajaran Daring Efektif, Dosen UNM Beri Pelatihan untuk Guru

Rabu, 18 Agustus 2021 20:32

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pelatihan pembelajaran E-learning bagi guru SMKN 4 Gowa.

Kegiatan tersebut merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM.

Berdasarkan kebijakan pemerintah indonesia mengharuskan seluruh peserta didik melakukan proses pembelajaran dari rumah secara daring, membuat guru harus cepat beradaptasi.

Guru juga dituntut untuk menciptakan pembelajaran secara interaktif agar peserta didik tidak merasa jenuh saat proses pembelajaran daring.

Olehnya tiga dosen dari UNM, Dr. Muhammad Rais, S.Pd., MP., MT; Muhammad Ayat Hidayat, S.Pd., MT, dan Khaidir Rahman, S.Pd., M.Pd melakukan pelatihan pembelajaran e-learning.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memberi solusi saluran media pembelajaran terutama adalah ketika masih berlakunya SKB 4 menteri terkait pembatasan belajar bagi daerah terkena dampak covid 19,” ujar Muhammad Rais, Ketua tim kegiatan ini, Rabu (18/8/2021).

Pada kesempatan itu, Rais dan tim memberikan pemahaman teori dan praktek terkait pembelajaran daring yang efektif digunakan dalam proses belajar dan mengajar.

“Memberikan pemahaman teori dan praktek terkait pembelajaran daring bagi tenaga dan peserta didik SMKN 4 gowa dengan menerapkan LMS moodle,” lanjutnya.

Lebih lanjut, LMS moodle sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu guru dan siswa dalam mengkomunikasikan pembelajarannya.

Dengan LMS moodle guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih inovatif dan menyenangkan.

“Tujuannya membuat kegiatan pembelajaran daring menjadi inovatif dan menyenangkan, selain itu sintaks pembelajaran menjadi lebih aplikatif secara terpadu dalam satu sistem secara daring,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Gowa, Kamaruddin menyambut baik kegiatan PKM ini dan berharap dapat diterapkan di sekolah.

Komentar

VIDEO TERKINI