Air Bersih RSBS Disuplai Langsung dari Pegunungan, Inovasi ini jadi Terobosan Baru Pelayanan Publik di Sulsel

Rabu, 18 Agustus 2021 09:45

FAJAR.CO.ID,PANGKEP– Suplai air bersih langsung dari sumber mata air, membawa Kabupaten Pangkep masuk dalam top inovasi daerah di Sulsel. Instalasi air bersih. Sumber mata air dari leang di kawasan karst pegunungan Minasatene dipilih menjadi air yang diproduksi untuk kebutuhan sehari-hari di RSUD Batara Siang Pangkep.

Leang Kassi menjadi sumber mata air pilihan, yang digunakan untuk menyuplai air bersih ke RSUD Batara Siang Pangkep. Sistem pengolahan air baku ini dapat mengurai polutan yang berbahaya, sehingga air dari sumber mata air pengunungan ini yang dimanfaatkan untuk air MCK, laundry, instalasi gizi, kamar operasi dan air minum untuk kebutuhan konsumsi pasien dan petugas rumah sakit. Bahkan warga di Pangkep pun menjadikan air minasatene sebagai sumber air utama untuk dikonsumsi.

Inovator Program Sistem Teknologi Air Minasatene Terintegrasi (Si Temanta), Abdul Malik mengaku ide itu terinspirasi langsung dari sumber mata air yang di kawasan karst Minasatene, yang juga merupakan karst terpanjang kedua di Dunia.

“Ini memang berasal langsung dari sumber mata air. Sehingga air yang dihasilkan jauh lebih berkualitas. Apalagi air dari karst ini sangat jernih dan langsung terintegrasi ke jaringan perpipaan di Rumah Sakit,” ungkapnya.

Dikatakan juga, inovasi ini menjadi sebuah kategori perlindungan pelestarian lingkungan hidup, karena sistem tersebut dilakukan menggunakan air yang sangat terjamin kebersihan dan kejernihannya. Itulah juga yang membuat Pangkep meraih penghargaan lewat inovasi air bersih ini.

Alat yang menjadi sistem penjernihan air ini dilengkapi tekonolgi yang dirancang khusus dan ditaruh dalam ruang pendingin yang sudah dirancang sesuai standar Association for the Advancement of Medical Intrumentation ( AAMI).

Komentar

VIDEO TERKINI