Masjid Raudhatul Jannah Gelar Khitan Gratis dan Kumpul Darah

Rabu, 18 Agustus 2021 14:07

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Banyak cara untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Panitia Masjid Raudhatul Jannah menggelar khitanan massal gratis bagi duafa.

Bendahara Masjid Raudhatul Jannah Mangku Alam Ranreng mengungkapkan program ini terselenggara atas kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Makassar.

“Antusiasme jemaah begitu tinggi, namun harus dibatasi karena ketentuan protokol kesehatan (prokes) tidak boleh terlalu banyak orang. Jadi dibatasi hanya sampai 50 orang saja,” ungkapnya, Selasa, 17 Agustus.

Ketua Baznas Makassar Ashar Tamanggong mengatakan progam khitanan massal ini diselenggarakan secara gratis alias tanpa dipungut biaya dan akan diselenggarakan di 10 masjid.

Mekanisme penyelenggaraannya adalah bekerjasama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap masjid di Kota Makassar.

“Caranya mudah, cukup bersurat terlebih dahulu, kemudian nanti di-review oleh tim Baznas, mulai dari aspek tempat masjidnya atau jumlah jemaahnya sebagai sasaran dari program ini,” ujarnya.

Ashar mengatakan, program khitanan ini merupakan amanah umat yang berzakat atau bersedekah melalui Baznas. Selanjutnya disalurkan kembali kepada umat yang membutuhkan.

Program ini disambut gembira oleh peserta. Jafry Atto Bazar (10) sangat gembira karena akhirnya bisa disunat secara gratis. Saking gembiranya ia terus membaca doa-doa, mulai sebelum hingga selesai disunat.

Orang tua pun merasa sangat dibantu dengan adanya program ini. Adnan (36), misalnya, mengaku sangat senang bisa mengikut sertakan ketiga anaknya yang belum dikhitan.

“Alhamdulillah tiga anak laki-lakiku saya daftarkan. Dari dulu memang ingin sekali kasih sunat mereka, namun biayanya sangat mahal dan alhamdulillah sudah-mi disunat dari program ini,” ungkap pria yang tinggal di Jalan Pajaiyang itu.

Komentar

VIDEO TERKINI