Pemkot Bakal Gelontorkan Anggaran Ratusan Miliar untuk Bangun GOR di Untia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar bakal gelontorkan anggaran ratusan miliar untuk membangun gedung olahraga (GOR) di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, anggarannya baru perkiraan karena pembangunannya juga nanti tahun di tahun 2022.

"Kira-kira Rp100 milliaran cukup lah. Kalau kan stadion triliun. Kalau GOR 100-200 (miliar)lah," kata Danny Pomanto sapaannya ketika ditemui di kediamannya, Kamis, (19/8/2021).

Ia memilih membangun GOR dibanding stadion karena menurutnya sudah ada stadion yang dibangun pemprov Sulsel.

"Saya pikir kalau bangun stadion, adami stadion provinsi. nda usah tumpuk-tumpuk, kita bangun GOR aja lah, gedung olahraga," tuturnya.

Soal desain, kata dia, baru akan disipkan. Pada intinya ia menegaskan, konsepnya bukan sekadar GOR tapi juga bisa jadi tempat evakuasi ataupun Rumah Sakit Darurat.

"Jadi saya pikir kalau stadion tidak bisa jadi Rumah Sakit Darurat. Kalau GOR bisa," ujar Danny.

Danny menjelaskan, GOR ini nantinya akan disiapkan sekaligus sebagai RS Darurat atau tempat evakuasi jika terjadi bencana. Seperti yang ada di Amerika, apabila terjadi angin typhoon, orang masuk GOR untuk berlindung.

"Sekaligus itu GOR tidak sekadar GOR. Karena Kita siapkan kalau ada bencana. Kalau ada Pandemi. Ada bencana tiba-tiba banjir orang bisa diungsikan di situ dalam kapasitas besar, ada toiletnya jelas.Jadi bukan hanya GOR. Saya siapkan untuk olahraga dan untuk evakuasi," ungkapnya.

Lanjut kata orang nomor satu Makassar tersebut, olahraga di tengah pandemi sangat dibutuhkan karena banyak orang gelisah. Sehingga pemkot berusaha untuk mewadahi itu.

  • Bagikan