Rammang-rammang Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Senin, 23 Agustus 2021 10:51

Wisata Rammang-Rammang (IST)

FAJAR.CO.ID, MAROS — Kawasan Karst Rammang-rammang di Desa Rammang-rammang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros berhasil masuk dalam 100 besar kurasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dimana ADWI ini merupakan program yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Pengumuman 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021 ini diumumkan oleh Kemenparekraf, Sandiaga Uno melalui kanal YouTube dan Instagram, Jumat,20 Agustus lalu.

Pencapaian ini pun membuat Pemerintah Kabupaten Maros bersama pihak pengelola Rammang-rammang pun sangat senang.

Sekretaris Pengelola Rammang-rammang, Erwin mengatakan sebagai pengelola Rammang-rammang merasa sangat beruntung bisa mengelola dan mendaftarkan objek wisata ini dalam anugerah desa wisata.

“Alhamdulillah karena Rammang-rammang berhasil masuk dalam 100 besar anugerah desa wisata Indonesia,” ungkapnya.

Informasi mengenai masuknya Rammang-rammang dalam 100 besar anugerah desa wisata ini pertama kali diketahuinya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros.

“Pertama kali kami mendapatkan informasi langsung dari dinas. Terus dikirimkan link pendaftaran dari Pemprov untuk diisi,” jelasnya.

Dia mengatakan yang menjadi daya tarik Kawasan Karst Rammang-rammang ini karena memiliki bentang alam berupa gugusan karst.

Tak hanya melalui jalur darat, keindahan gugusan karst juga dapat dinikmati dengan menggunakan perahu.

“Saat menyusuri Sungai Pute dengan Jolloro (perahu kecil,red) kita juga bisa menikmati keindahan gugusan karst Rammang-rammang,” akunya.

Selain bisa memanjakan mata, kata dia, ada beberapa titik spot foto menarik yang biasa dikunjungi wisatawan di Rammang-rammang ini.

“Saat masuk itu, ada hutan batu, kemudian di dermaga kita naik jolloro menuju kampung Berua,” katanya.

Tak sampai disitu kata dia, di Kampung Berua ada juga spot yang dapat dikunjungi wisatawan yakni Goa Kingkong, Goa Berlian dan Padang Ammarrung.

Komentar

VIDEO TERKINI