Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Webinar Kemenkopolhukam Terkait Evaluasi P4GN

  • Bagikan
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

Sementara itu, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Irjenpol Reynhard SP Silitonga yang hadir sebagai narasumber menyampaikan bahwa Pihaknya Saat ini telah melakukan impelementasi terhadap rencana aksi P4GN dilingkungan pemasyarakatan meliputi bidang pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi.

“Pada bidang pencegahan, Ditjen Pemayarakatan telah membentuk satuan tugas dan relawan anti Narkotika, pelaksanaan tes urine kepada pegawai dan WBP. Bidang Pemberantasan dilakukan pengawasan bersama terhadap WBP narkotika di Lapas, dan Bidang rehabilitasi meliputi tersedianya layanan rehabilitasi, penyelenggaraan layanan rehabilitasi, pengintegrasian sistem infromasi rehabilitasi, dan Pelatihan pengembangan kompetensi Petugas,” Kata Reynhard.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengatakan bahwa dalam rangka P4GN pihaknya telah melakukan penggeladahan bersama dengan BNNP Sulsel dan Polres setempat di Lapas/Rutan.

Juga telah dilakukan rehabilitasi terhadap WBP. pada Tahun 2021 telah dilakukan Rehabilitasi Sosial kepada 305 WBP dengan rincian Lapas Narkotika Sungguminasa 135 orang, Lapas Perempuan Sungguminasa 20 orang, Lapas Bulukumba 60 orang, Lapas Watampone 30 orang dan Lapas Palopo. 60 orang.

Sedangkan Rehabilitasi Medis diberikan kepada 380 WBP dengan rincian Rutan Makassar sebanyak 200 orang, Rutan Jeneponto 40 orang, Rutan Makale 40 orang, Rutan Enrekang 40 orang, danRutan Pinrang 60 orang.

Kegiatan ini juga menghadirkan Narasumber Sekretaris Utama BNN I Wayan Sukawinaya, Direktur TIndak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjenpol Krisno H Siregar, dan Direktur Ketahanan Politik, Ekonomi dan Budaya Ditjen Politik dan PUM Kemendagri Dr. La Ode Ahmad. (rls)

  • Bagikan

Exit mobile version