5.471 Warga Binaan di Sulsel Sudah Divaksin

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Harun Sulianto mengatakan, hampir enam ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di 24 Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Dari jumlah 10.500 orang lebih warga binaan di Sulsel, sudah menghampiri enam ribuan yang divaksin. Artinya sudah diatas 50 persen capaian vaksinasinya," kata Harun di Lapas Kelas I Gunungsari Makassar, Jumat, 27 Agustus.

Untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini dilakukan mulai di Lapas Kelas I Gunungsari Makassar, Lapas Takalar, dan Lapas Bulukumba. Sedangkan untuk vaksinasi lanjutan di Rutan Makassar pada Sabtu, 28 Agustus, besok.

Dari jumlah enam ribuan warga binaan yang sudah menjalani vaksinasi, kata dia, tercatat ada enam Rutan capaian vaksinasinya mencapai 90 persen, yakni  Rutan Pinrang, Malino, Watansoppeng, Sidrap, Sinjai, dan Bantaeng.

Program kebut vaksinasi yang dicanangkan pemerintah juga menjadi bagian dari ikhtiar Kemenkumham dalam memutus penyebaran COVID-19, utamanya  dalam Rutan maupun Lapas di Sulsel

Ia pun mengingatkan bagi seluruh warga binaan diwajibkan tetap taat menjalankan protokol kesehatan COVID-19,  mengenakan masker, rajin mencuci tangan, tidak berkerumun, memperbanyak makan untuk meningkatkan imunitas, serta paling penting memperkuat ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Protkes tetap menjadi hal utama dan kita lakukan itu dalam lingkungan Rutan maupun Lapas di Sulsel. Alhamdulillah, saat ini semua dalam keadaan aman terkendali berkaitan dengan kesehatan warga binaan kita," papar Harun.

  • Bagikan