Anak Muda Indonesia Melawan Plastik Lewat Comic Strip

Sabtu, 28 Agustus 2021 13:09

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Tiga anak muda Indonesia terpilih menjadi pemenang dalam kompetisi Comic Strip “Melawan Plastik” yang digelar oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) dan Agence Française de Développement (“AFD”).

Kegiatan Comic Strip merupakan salah satu ajang kompetisi bagi masyarakat khususnya generasi milenial Indonesia dalam aksi menjaga bumi dan melawan plastik melalui karya komik. Kegiatan ini juga menjadi inisiatif PT SMI dan AFD dalam mengkampanyekan gerakan “Bersama Melawan Sampah Plastik”.

PT SMI sendiri merupakan Lembaga Keuangan Non Bank di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang memiliki peran untuk mengakselerasi pembangunan di Indonesia. Dalam implementasi bisnisnya, PT SMI senantiasa mengedepankan aspek-aspek berkelanjutan sebagai upaya untuk mewujudkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG) di Indonesia. Komitmen ini juga sejalan dengan AFD sebagai Bank Pembangunan Perancis yang memiliki visi yang sama dalam mencapai target pembangunan yang berkelanjutan.

Tema “Melawan Plastik” sendiri diangkat mengingat kedaruratan Indonesia untuk mengurangi sampah yang mengotori tidak hanya daratan, tapi juga lautan. Penelitian mengungkapkan bahwa setiap tahunnya Indonesia menghasilkan 6,8 juta ton sampah plastik, yang mayoritas kemudian terbuang ke lautan.

Fikri Izzaldin, 20, dari Bogor terpilih menjadi pemenang pertama dan mendapatkan hadiah uang tunai Rp20 juta, sementara Maulana Saputra, 24, dari Jakarta berada di tempat kedua dan meraih hadiah uang tunai Rp13 juta. Sementara peserta dari Tangerang Selatan yaitu Audrey Ardisa, 20, berada di tempat ketiga. Ketiga pemenang juga berhak mendapatkan hadiah digital drawing tablet. Fikri Izzaldin yang mendapatkan juara pertama pun sukses menjadi pemenang favorit berdasarkan polling yang digelar di Twitter CNN Indonesia pada Sabtu-Minggu, 21-22 Agustus.

Komentar

VIDEO TERKINI