Anak Muda Indonesia Melawan Plastik Lewat Comic Strip

Sabtu, 28 Agustus 2021 13:09

Kompetisi Comic Strip “Melawan Plastik” berlangsung hampir tiga pekan, tepatnya pada 18 Juli-6 Agustus 2021. Dalam kompetisi ini, para peserta yang berusia 18-25 tahun diajak untuk berkampanye mengurangi penggunaan plastik lewat goresan tangan. Mengampanyekan perang melawan sampah plastik dengan cara-cara yang kreatif dan efektif namun tetap komunikatif pada anak muda di Indonesia tentu diharapkan bisa berdampak besar.

Lebih dari 300 peserta mengikuti kompetisi ini dari berbagai wilayah di Indonesia, dengan karya-karya yang disertakan menampilkan beragam genre dan pesan. Ada yang menggunakan tema fantasi, berpesan satir, humor, hingga menggunakan goresan tangan manual.

Setelah lomba ditutup pada Jumat 6 Agustus 2021, tim internal CNN Indonesia.com kemudian memilih 10 peserta terbaik yang lolos tahap selanjutnya. Kemudian dilakukan proses verifikasi identitas pada 10 peserta terbaik, sebelum Dewan Juri yang terdiri atas Beng Rahadian (Komikus Indonesia), Emmanuel Lemaire (Komikus Perancis), dan perwakilan dari PT SMI dan AFD, memberikan penilaian. Secara paralel, 10 peserta terbaik juga diikutsertakan pada polling di Twitter CNN Indonesia untuk memilih pemenang favorit.

Untuk menutup rangkaian acara Comic Strip “Melawan Plastik”, ratusan peserta juga mengikuti sesi Coaching Clinic & Awarding pada Kamis (26/8). Pada acara ini, para peserta mendengarkan sesi dan bertanya kepada Beng Rahadian dan Emmanuel Lameire tentang proses kreatif pembuatan karya komik. Rangkaian acara ditutup dengan pengumuman pemenang terbaik dan pemenang favorit.

Berikut adalah daftar pemenang kompetisi Comic Strip “Melawan Plastik”

Juara INama: Fikri IzzaldinJudul Karya: Aku tak peduli dan aku baik-baik saja. Artinya semua juga akan baik-baik saja.IG: @fizzaldin

Juara IINama: Maulana SaputraJudul Karya: Makan Tuh Plasik!IG: @maulsaputra

Komentar

VIDEO TERKINI