PNUP Beri Penyuluhan ke Kelompok Tani Bonto Matene

Sabtu, 28 Agustus 2021 05:31

FAJAR.CO.ID, MAKASSSAR– Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Mesin PNUP melakukan kegiatan Penyuluhan Penggunaan dan Perawatan Mesin Pompa Air dan Mesin Penyemprot Hama pada Kelompok Tani “Bonto Matene” di Desa Gentungang, Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa, Sabtu, (28/8/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen Teknik Mesin yang diketuai, Ir. Muas M, M.T., dengan anggota Ir. Muh. Rusdi, M.T., Jeremiah Ritto S, S.T.), dan mahasiswa, yakni Yusril Mahendra dan Rifal Handiana.

Menurut Muas, Desa Gentungang adalah salah satu desa di Kecamatan Bajeng Barat. Sawah yang berada di Desa Gentungang adalah sawah irigasi dan sawah tadah hujan.

Untuk sawah irigasi, persediaan air bisa sampai April dan sawah tadah hujan persediaan air sampai Februari.

Penambahan air di sawah dengan pompanisasi pada masa tanam pertama belum dilakukan karena curah hujan pada Desember sampai dengan Februari masih tinggi. Pada masa tanam kedua (Bulan April) penambahan air di sawah sudah dilakukan.

Muas menambahkan, untuk menambah air di persawahan jika debit air di sawah berkurang maka kelompok ini menggali lubang di areal persawahan sedalam ±3-meter lalu mengambil air dengan menggunakan mesin pompa air.

Jumlah mesin pompa air yang mereka miliki adalah satu unit pompa air yang menggunakan bahan bakar dari bensin dan gas. Frekuensi penggunaan pompa air yang digunakan pada kelompok ini cukup tinggi karena lahan sawah yang harus dialiri cukup luas ((750 are).

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah mereka harus menyewa pompa. Tingginya penggunaan bahan bakar dan harga sewa pompa menyebabkan kelompok tani harus meminjam uang atau harga sewa pompa dibayar setelah panen.

Komentar

VIDEO TERKINI