Bupati Luwu Utara Launching Gerakan Tas Siaga Gempa, Apa Saja Isinya?

Selasa, 31 Agustus 2021 15:13

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA — Sebagai negara dengan tingkat risiko bencana alam tertinggi di dunia, sudah menjadi kewajiban setiap masyarakat untuk memperkuat kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana alam, baik bencana hidrometeorologi maupun bencana gempa bumi dan tsunami, serta bencana-bencana lainnya.

Kesiapsiagaan dan kewaspadaan menjadi poin penting dalam menyelamatkan diri ketika bencana terjadi. Selain memasifkan kegiatan mitigasi, pemerintah juga perlu mengingatkan masyarakat agar selalu sadar terhadap potensi dan ancaman bencana tersebut. Salah satu langkah sadar bencana adalah menyiapkan tas siaga bencana.

Nah, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Pusat, Dr. Daryono, S.Si., M.Si., menyerahkan bantuan Tas Siaga Gempa kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pada kegiatan Sekolah Lapang Gempabumi (SLG), Senin (30/8/2021), di Aula La Galigo Kantor Bupati, yang kemudian dilanjutkan dengan Launching Gerakan Tas Siaga Gempa oleh Bupati Luwu Utara.

“Ini adalah Tas Siaga Gempa dari BMKG Pusat yang diserahkan secara simbolis kepada Pemda Kabupaten Luwu Utara untuk kemudian kita Launching melalui Gerakan Tas Siaga Gempa Luwu Utara,” kata Indah Putri Indriani usai menerima tas tersebut. Bupati perempuan pertama di Sulsel ini mengajak seluruh masyarakat Luwu Utara untuk selalu menyiapkan tas siaga gempa sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi gempa bumi dan tsunami.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Luwu Utara untuk dapat menyiapkan tas siaga bencana di rumah masing-masing,” imbau Indah. “Tas ini dapat dijadikan sebagai tas siaga gempa. Lengkapi perlengkapan secukupnya. Insya Allah, ini akan sangat membantu kita,” tandasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI