Manfaat Sama, Jangan Pilih-pilih Jenis Vaksin

Kamis, 2 September 2021 15:04

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masih ada masyarakat enggan menerima vaksin. Alasannya, mereka lebih memilih vaksin jenis Moderna ataupun Pfizer.

Vaksin jenis ini dianggap lebih baik dibandingkan vaksin jenis lainnya. Bahkan mereka lebih baik menunggu dengan waktu yang lama untuk mendapatkan vaksin tersebut. 

Ahli Vaksinolog Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas), dr. Yenni Yusuf menilai semua jenis vaksin, mau itu Sinovac, Moderna, Pfizer atau lainnya, baik untuk masyarakat. 

Kata dia, semua vaksin Covid-19 yang disetujui dan digunakan pemerintah saat ini, sudah memenuhi seluruh persyaratan dan regulasi yang ditetapkan.

“Memang semua vaksin yang ada, tentu sudah di iya kan. Karena dari ketentuan WHO sudah memenuhi standar minimal di atas 50 persen dan itu sudah boleh,” terang dia kepada FAJAR, Rabu 1 September. 

Ia meminta masyarakat agar lebih sadar dengan secepatnya menerima vaksin yang sudah ada. Agar imunitas kelompok segera terbentuk daripada menunggu yang lain. 

Apalagi, pemerintah tentu memiliki tahapan-tahapan terhadap apa yang akan berikan. Makanya, apa yang telah ada didepan mata itu sebaiknya dimanfaatkan. Belum tentu juga apa yang ditunggu akan datang secepatnya. 

“Jangan sampai kita salah langkah dengan menunggu yang tadi pasti. Ujung-ujungnya, apa yang kita tunggu lama, tidak jadi disalurkan. Tentu akan berdampak pada kita,” tukasnya. 

Terpisah, Sekertaris Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulsel, Andi Alfian mengaku vaksin yang saat ini beredar tentu telah di uji oleh ahli kesehatan. 

“Semua jenis vaksin Covid-19 sama baiknya. Tujuan utamanya kan agar membentuk antibodi kita terhadap serangan virus. Dan itu bisa mengurangi dampak buruk dari infeksi virus karena sistem tubuh sudah mengenali virus itu,” jelasnya kepada FAJAR. 

Komentar

VIDEO TERKINI