Teliti Perilaku Wajib Pajak Kendaraan di Sulsel, Harmin Hamid Raih Gelar Doktor Unhas

Kamis, 2 September 2021 16:02

Harmin Hamid

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Mantan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel atau Samsat Mappanyukki, Dr Harmin Hamid, SE, M.Si, berhasil memperoleh gelar doktor.

Harmin berhasil mempertahankan disertasinya bidang sosiologi pada ujian promosi doktor, Kamis 2 September 2021, di Aula Prof. Syukur Abdullah, Fisip, Unhas, di depan penguji Dr Sulaeman Fattah M.Si, Dr Mansyur Radjab M.Si, Dr Rahmat Muhammad M.Si, serta Dr Buchari Mengge MA.

Harmin yang kini menjabat Wakil Direktur Keuangan RS Labuang Baji Makassar mengangkat judul Perilaku Sosial Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dalam Merespon Pelayanan Publik di Bapenda Sulsel UPT Makassar I dengan masa studi selama enam semester.

Pada pemaparannya dalam sidang yang dipimpin Prof. Dr. Armin Arsyad dan dihadiri Prof Dr HM Tahir Kasnawi, Dr H Suparman Abdullah, Dr Sakaria M.Si sebagai promotor, Harmin merekomendasikan beberapa hal :

  1. secara teoritis pengukuran kinerja birokrasi dan pelayanan publik penting untuk menjadikan interaksionalisme simbolik sebagai instrument alternatif selain instrument yang sudah digunakan sebelumnya.
  2. Perbaikan kebijakan yakni setiap komponen pembayaran terkait pajak kendaraan bermotor (PKB) harus tercantum dalam bukti pembayaran.
  3. Pengaduan masyarakat harus direspon dengan cepat dan diumumkan kepada masyarakat terkait langkah-langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan pengaduan tersebut.
  4. Aparat birokrasi yang ditempatkan di bagian pelayanan harus berkomitmen berdasarkan standar pelayanan public.
  5. Implementasi regulasi pelayanan public harus konsisten dan akuntabel.Proses sidang berlangsung lancar dan tertib dihadiri kerabat Harmin dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat.(msn-rls/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI