Manfaatkan Limbah Kulit Kacang, Mahasiswa UNM Pelatihan Pembuatan Briket

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BONE -- Tim PKM-PM UNM melaksanakan pengabdian yang berlokasi di Desa Gona, Kabupaten Bone. Program yang dicanangkan dalam kegiatan PKM-PM ini adalah Pelatihan Pembuatan Briket dari Limbah Kulit Kacang Tanah.

Aninda Lestari bersama dengan 3 rekan lainnya yaitu Muhammad Yunus (Fisika), Nurul Fadhillah Bafa Hasja (Biologi), Sahrul Alam (Pendidikan Teknik Otomotif) serta dengan Dosen Pendamping yakni Amal, S.Pi, M.Si, Ph.D.

Aninda mengatakan, kegiatan PKM yang dilakukannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan perlu adanya klasifikasi dari permasalahan itu sendiri. Pada kasus Desa Gona ini, permasalahan yang ada dikategorikan dalam tiga hal.

Pertama, warga desa gona kerap mengalami kenaikan harga gas elpiji dikarenakan ketersediaannya yang seringkali mengalami kelangkaan

Akibatnya, beberapa warga kerap memanfaatkan kayu bakar yang diperoleh dari hutan untuk keperluan memasak maupun dijual.

kedua, masyarakat di desa ini di dominasi oleh ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

ketiga, produksi hasil pertanian di desa ini sangat melimpah sehingga menghasilkan limbah pertanian yang tidak sedikit.”

Solusi yang ditawarkan oleh Tim PKM-PM yang diketuai oleh Aninda Lestari adalah Pemberdayaan Ibu PKK Desa Gona Melalui Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Tanah sebagai Energi Alternatif Ramah Lingkungan.

“Pelatihan pengolahan limbah kulit kacang tanah menjadi energi alternatif bukan hanya berfungsi untuk memanfaatkan limbah untuk dijadikan pemenuhan kebutuhan pendapatan masyarakat saja, tetapi pelatihan ini juga bisa dijadikan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang potensi limbah pertanian yang ada di daerah tersebut untuk dijadikan energi alternatif,"katanya Jumat (3/9/2021).

  • Bagikan