Meski Sudah Vaksin Dosis Lengkap, Prokes Tak Boleh Abai

Jumat, 3 September 2021 14:57

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Meski telah menerima vaksin dosis lengkap. Masyarakat diminta untuk tetap patuh prokes dan aturan pemerintah terhadap Covid-19. 

Banyak hal yang bisa saja membuat seseorang, dapat terkonfirmasi virus lantaran abainya prokes pelindung dirinya. 

Fitrah Ali Ramadhan salah satunya. Ia terpapar virus meski telah menerima vaksin dosis lengkap. 

Fitto (26) sapaannya sudah menerima suntikan vaksin lengkap. Di mana pada dosis pertama 13 Juli di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo. Begitu pun, vaksinasi dosis kedua 10 Agustus kemarin. 

Ia mengakui terpapar sebab kelalaiannya sendiri yang abai dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas di luar rumah. 

Bahkan kebanyakan keluar rumah dan bertemu banyak orang di ruangan sempit minim ventilasi. Alasannya, Ia beranggapan jika telah menerima vaksin maka dirinya bisa terbebas dari virus tak kasat mata ini. Tentu, anggapan itu yang membuatnya sedikit lalai. 

“Lalai ka kayaknya, banyak aktivitas ku di luar apalagi saya kerja sebagai teknisi, sering bertemu orang baru. Malamnya, sering nongkrong di Warkop di dekat danau Unhas. Itu kebanyakan tidak pakai masker,” urai dia yang merupakan seorang teknisi AC ini, kemarin. 

Awal dia mengalami gejala itu, saat  10 hari telah menerima vaksin dosis kedua. Tepatnya 20 Agustus dan gejala ia rasakan flu dan demam.

Akan tetapi, Fitto bersyukur sampai sekarang masih dalam keadaan sehat dan tidak ada gejala berat dan itu membuatnya sedikit tenang. 

Epidemiolog Unhas, Ansariadi menilai vaksin bukan sebuah jaminan sepenuhnya terhindar dari serangan Covid-19. 

Kata dia, ini hanya sebagai pelindung diri agar lebih safety dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi, mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah. 

Komentar

VIDEO TERKINI