Pemuda Muhammadiyah Palopo Komitmen Berperan Mengawasi Pemilu dan Pilwalkot

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Wara menggelar diskusi publik dengan tema "Pengawasan Partisipatif Bawaslu di masa Pandemi". Menghadirkan Drs Saiful Jihad MAg (Koordinator Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan) sebagai narasumber, pada Jumat (3/9/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan di Merah Putih Internasional Language School (EER Cafe`) tersebut dihadiri 30 peserta yang merupakan perwakilan dari PCPM se-Kota Palopo, IMM, IPM, dan Nasyiatul Aisyiyah Kota Palopo.

Firman Patawari selaku Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah tindaklanjut dari MoU yang telah dibuat PD Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo dengan Bawaslu Kota Palopo, beberapa waktu lalu.

"Kami berkomitmen untuk menjadi entitas kaum muda yang mengambil peran dalam pengawasan partisipatif," jelas Firman.

Riswan selaku Wakil Ketua Bidang Politik dan Kebangsaan PD.Pemuda Muhammadiyah Kota Palopo yang bertindak sebagai pelaksana kegiatan menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan yang dilakukan adalah untuk memberikan pendidikan perihal demokrasi dan kepemiluan.

"Harapannya agar kader-kader muda Muhammadiyah yang ada di Palopo tidak asing dengan proses demokrasi, pemilu ataupun pemilihan," tutur Riswan.

Adapun Drs. Saiful Jihad, M.Ag. dalam paparan materinya menjelaskan bahwa penguatan nilai-nilai demokrasi dalam masyarakat, sebagai salah satu syarat utama mewujudkan demokrasi yang subtansial, adalah tugas bersama, dan disinilah pentingnya keterlibatan semua elemen bangsa, sahabat-sahabat Pemuda Muhammadiyah, IMM, NA, serta organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan lainnya untuk bersama-sama dan bekerja sama mengedukasi masyarakat (publik) tentang penguatan nilai-nilai demokrasi yang sehat dan bermartabat.

  • Bagikan