Bapenda Sinjai Optimis Penerimaan PBB-P2 Kembali Over Target

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Sinjai masih diangka Rp2,2 miliar lebih dengan persentase 47 persen. Sedangkan target yang ditentukan di APBD tahun 2021 sebesar Rp4,8 miliar

Kepala Badan Pendapatan daerah (Bapenda) Sinjai, Asdar Amal Darmawan mengatakan, meski realisasi diatas masih terbilang dibawah angka 50 persen karena pendistribusian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) yang baru selesai di bulan Juni, namun antusias wajib pajak untuk melakukan pelunasan pajak cukup tinggi.

“Baru sekitar 2 bulan ini kita mengelola, tapi Alhamdulillah sudah 47 persen dari target kita,” kata Asdar.

Pihaknya mengaku akan terus mengoptimalkan PBB-P2 sampai batas waktu yang ditentukan hingga 30 November 2021. Bahkan mantan Kepala Balitbangda Sinjai ini optimis realisasi penerimaan PBB-P2 kembali melampaui target sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Masih ada waktu 3 bulan, kita akan maksimal ini untuk kembali melampaui target,” sambungnya.

Untuk memudahkan wajib pajak, pihaknya pun kini telah meningkatkan pelayanan pembayaran pajak, tidak hanya dengan mendatangi loket pelayanan atau kolektor, namun juga bisa dilakukan dengan metode online seperti Mobile Bangking Bank Sulselbar, Quick Response Indonesian Standard (QRIS), Gopay dan Tokopedia.

Tujuannya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wajib pajak sekaligus untuk membangun kepercayaan wajib pajak terhadap pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD) yang dikelola Pemkab Sinjai.

  • Bagikan