Dollah Mando Pimpin Vaksinasi Gratis Ratusan Ternak di Kalempang Pitu Riawa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SIDRAP -- Bupati Sidenreng Rappang, H. Dollah Mando menghadiri vaksinasi massal ternak sapi dan kambing di Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Selasa (7/9/2021).

Tak hanya menyaksikan, Dolah Mando juga langsung melakukan penyuntikan ke beberapa ekor sapi.

Kadis Peternakan dan Perikanan Sidrap, Samuel Kaba dalam laporannya menjelaskan, vaksinasi gratis itu untuk mencegah penyebaran penyakit pada ternak.

"Adapun ternak yang divaksin sekitar 206 ekor sapi dan 12 ekor kambing," ujarnya.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Disnakkan Sidrap, drh. Emy Purnomowati menerangkan, ada dua jenis vaksin yang diberikan di kegiatan itu.

"Vaksin Septichaemia Epizootica (SE) dan Anthraks. Ini diberikan sekali setahun," ujar Emy.

Ia menambahkan, vaksinasi massal secara gratis tersebut juga telah dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sidrap.

Bupati Sidrap, Dollah Mando mengimbau warga khususnya pemilik ternak berpartisipasi mencegah menanggulangi penularan penyakit ternak.

"Jika ada hewan ternak yang belum divaksin, segera dilaporkan. Ini untuk menjaga kesehatan hewan ternak kita," pesan Dollah.

Sementara Camat Pitu Riawa, Muhammad Bakri menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sidrap dan Dinas Peternakan dan Perikanan Sidrap atas kegiatan tersebut.

"Mewakili masyarakat Desa Kalempang, Kami ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Bupati dan Dinas Peternakan dan Perikanan. Vaksinasi ini sangat berguna untuk mengatasi penyakit ternak masyarakat," lontarnya. (*)

  • Bagikan