I La Galigo Pulang Kampung ke Tana Luwu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Perpustakaan Supiati menggelar kegiatan Bincang Buku di Koordinat Coffee Camp, Palopo, Sabtu malam (4/9/2021). Buku yang dibincang adalah Romansa Purba dalam Stanza I La Galigo karya Alvin Shul Vatrick.

“Ini merupakan respons terhadap dunia literasi, sekaligus edukasi kepada masyarakat berkaitan epos terpanjang di dunia yang harus diapresiasi. Buku yang kami bincang ini semakin menarik karena ditulis langsung oleh putra Luwu. Ya, bolehlah dikatakan bahwa I La Galigo pulang kampung,” kata Andi Karman selaku Kepala Perpustakaan Supiati.

Peserta yang hadir dalam Bincang Buku ini tidak hanya berasal dari Kota Palopo. Namun, beberapa dari daerah Luwu Raya. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Pelaksana, Desrawan S.

Peserta dalam kegiatan Bincang Buku ini melampaui dari target yang diharapkan, yakni lebih dari 100 orang. Peserta yang hadir tidak hanya dari Kota Palopo, dari daerah Luwu Raya seperti Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur pun ikut hadir. Bahkan, ada pula dari daerah Wajo.

"Bincang buku ini kami sengaja tempatkan di Koordinat Caffee Camp, Palopo. Sebab, bentuknya yang di luar ruangan (outdoor) dan peserta merasakan suasana santai atau suasana liburan atau camping,” ujar Desrawan.

Sangat menarik dan penuh manfaat. Alasannya sederhana, sebagai seorang mahasiswa, tentu beruntung karena sekian banyak pertanyaan berkait kisah I La Galigo secara langsung terjawab.

"Sebagai pemuda Luwu, kegiatan seperti inilah yang perlu dikembangkan, selain silaturahmi yang terjalin, juga patut berbangga karena bisa mengenal lebih baik berkait kisah I La Galigo, bukan sekadar epos yang kemudian jadi misteri,” ujarnya.

  • Bagikan