Kemenkominfo Dorong Literasi Digital UMKM di Tengah Pandemi

  • Bagikan

Namun, terlepas dari penetrasi internet yang tinggi, literasi digital di Indonesia ternyata masih sangat rendah. Dari 60 juta UMKM di Indonesia, baru 16% yang sudah mengadopsi digitalisasi. Indonesia juga menempati peringkat terakhir dalam Indeks Keberadaban Digital dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya, yang dipicu oleh permasalahan siber seperti hoax dan penipuan daring.

Karena itu, Pekan Pelaku UMKM digelar untuk meningkatkan literasi digital UMKM sekaligus memfasilitasi proses transisi digital UMKM dengan keterampilan khusus yang mendukung pertumbuhan bisnisnya. Di empat hari pertama penyelenggaraanya, acara ini berhasil menarik lebih dari 3000 jumlah peserta, baik dari masyarakat umum maupun pelaku UMKM di Indonesia.

Acara ini berlangsung hingga 10 September 2021. Peserta yang tertarik dapat mendaftar di https://s.id/UMKMCakapDigital.

Highlight acara Literasi Digital bulan ini

Kementerian Kominfo dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menghadirkan berbagai program literasi digital, hingga lebih dari 200 acara setiap minggunya di seluruh Indonesia, yang dapat diakses melalui https://event.literasidigital.id/

Selain PPKM, salah satu acara literasi digital yang sedang berlangsung saat ini ialah Creating Animation from Home atau edukasi literasi digital yang menargetkan calon digital content creator di Indonesia. Terdiri dari delapan kelas daring, kelas-kelas ini dipandu oleh 16 kreator konten berpengalaman di Indonesia, seperti Faza Meonk, Nurfadli M, Jasmine Surkatty, dan Hendranto. Setiap peserta akan diberikan edukasi mengenai teknis pembuatan animasi sederhana, mulai dari materi dasar hingga materi publikasi produksi animasi. Acara ini digelar setiap Sabtu dan Minggu selama bulan September 2021.

  • Bagikan