Waspada Covid 19 Varian Mu, Diskes Sulsel Dorong Masyarakat Taat Prokes

Selasa, 7 September 2021 15:09

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari. (Qiswanti/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Virus Covid 19 belum juga hilang dan terus bermutasi. Yang terbaru, muncul varian baru bernama Mu.

Setelah dihantam varian Delta yang mengakibatkan kasus di tanah air melonjak drastis, pemerintah harus kembali bersiap menghadapi varian Mu ini.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Ichsan Mustari mengatakan, langkah Pemprov menghadapi virus Covid-19 varian Mu adalah mendorong masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

Bukan hanya itu, fasilitas kesehatan yang memadai juga harus dipersiapkan. Hal ini sebagai antisipasi lonjakan kasus yang bisa saja terjadi.

“Masyarakat didorong untuk menjalankan protokol kesehatan terus menerus sampai selesai pandemi kemudian fasilitas kesehatan juga kan semakin bertambah,”katanya, Rabu (7/9/2021).

Selain itu, upaya pemerintah dalam menerapkan PPKM di daerah dengan tingkat penyebaran tinggi dianggap bisa meminimalisir pergerakan masyarakat. Sehingga penyebaran bisa tekan.

“Saya kira sekarang indikator pergerakan sudah dibatasi dengan adanya PPKM saya kira itukan merupakan persiapan persiapan,”pungkasnya.

Diketahui, Covid-19 varian Mu pertama kali terdeteksi di Kolombia pada awal tahun lalu dan kini sudah menyebar ke 40 negara. Varian ini terdeteksi hingga ke Amerika Serikat, beberapa bagian Eropa dan Amerika Selatan, serta Jepang.

Sebagian besar virus berubah dari waktu ke waktu, dan meskipun beberapa mutasi memiliki dampak sedikit atau tidak sama sekali pada sifat virus, yang lain dapat mengubah cara penyebarannya, tingkat keparahan, dan efektivitas vaksin atau obat-obatan lainnya.

Untuk saat ini, WHO mengatakan harus lebih banyak penelitian yang dilakukan untuk memahami karakteristik varian Mu. Serta akan memantau bagaimana ia dapat berinteraksi, khususnya, dengan varian delta yang lebih umum. (msn-ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI