Beri Pelatihan, Kementan Dorong Petani Milenial ‘Melek’ Literasi Keuangan

  • Bagikan

Melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Kementan melakukan pelatihan Literasi Keuangan bagi calon penerima manfaat (CPM) program YESS di provinsi Sulawesi Selatan.

Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) bersama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba menggelar pelatihan tersebut di 7 lokasi yakni BPP Gantarang, BPP Ujungbulu, BPP Rilau Ale, BPP Kindang, BPP Bulukumpa, P4S Citra Mandiri, dan BPP Bontobahari di Kabupaten Bulukumba pada tanggal 8 s.d 9 September 2021.

Kartika Ekasari selaku Wadir I Polbangtan Gowa saat membuka pelatihan mengatakan literasi keuangan yakni kemampuan untuk memahami apa yang menajdi prinsip-prinsip keuangan. Melalui pelatihan ini akan diajarkan bagaimana cara membedakan antara modal usaha dengan biaya yang harus di keluarkan.

"Poin utama dalam edukasi keuangan yaitu merubah pola pikir kita, bermimpi dengan baik, keterkaitan kesehatan dan keuangan, dan tantangan dalam menyusun perencanaan keuangan pribadi", katanya.

Kegiatan yang diikuti oleh 300 peserta dengan jumlah kelas sebanyak 10 kelas dari masing-masing BPP dan P4S selaku Business Development Service Providers (BDSP) ini nantinya mereka akan melatih seluruh CPM program YESS.

"Selama pelatihan, peserta dibekali materi pelatihan seperti sumber pendanaan, perencanaan dan penggunaan dana, pengawasan atau pengendalian keuangan, dasar-dasar pencatatan akuntansi keuangan, siklus akuntansi, ilustrasi transaksi harian, pelaporan keuangan, dan RTL. Tidak hanya materi yang diberikan tetapi juga diberikan praktek dan simulasi agar peserta dapat mempresentasikan pemahaman dari masing-masing materi yang telah diberikan selama pelatihan yang berlangsung 2 hari ini," papar Kartika.

  • Bagikan