Kelompok Tani Sidrap Diberi Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) bagi kelompok tani tingkat dasar IPDMIP Kabupaten Sidrap Tahun Anggaran 2021, berlangsung di Aula Kompleks SKPD, Jumat (10/9/2021).

Pelatihan dibuka Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Sidrap, Ibrahim, didampingi Kabid penyuluhan, H. Muhammad Zainal.

Pemateri pada kegiatan ini yakni Putri Setia dari NPIU IPDMIP Pusat, perwakilan Tim Batangkaluku Gowa, Risna, dan Penyuluh Fungsiaonal Sidrap, H. Kamaruddin,

Panitia pelaksana, Andi Nur Amalia, menjelaskan, pelatihan dijadwalkan berlangsung 10-11 September 2021. Adapun peserta pelatihan tingkat dasar ini berasal 7 kecamatan yaitu, Panca Lautang, Baranti, Maritengngae, Kulo, Pitu Riawa, Watang Pulu, dan Tellu Limpoe.

Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) merupakan salah satu program pelatihan yang mengintegrasikan kebutuhan akan pentingnya literasi dan pembelajaran keuangan bagi petani.

PLEK bertujuan menguatkan pengelolaan keuangan, asuransi pertanian serta layanan keuangan lainnya yang dapat diakses kelompok tani dalam mengembangkan usahanya.  

Kepala Dinas TPHPKP Sidrap, Ibrahim, berharap kegiatan itu dapat meningkatkan literasi dan kapasitas pengelolaan keuangan kelompok tani di Kabupaten Sidrap.

Ia juga meminta para penyuluh maupun pendamping di masing-masing wilayah dapat membantu petani dalam meningkatkan literasi dan pengelolaan keuangan.

"Semoga kegiatan ini memberikan kontribusi bagi masyarakat yang melakukan usaha tani. Untuk itu, apa yang menjadi kendala betul diperhatikan untuk selanjutnya Kita bina," pesan Ibrahim. (*/fnn)

  • Bagikan