Mitra Fakhruddin Minta Promosi Kopi Lokal Lebih Digaungkan

Jumat, 10 September 2021 09:46

Anggota Komisi X DPR RI, Mitra Fakhruddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Potensi kopi lokal tak kalah dengan kopi brand luar negeri dari sisi kualitas. Hanya saja promosinya lebih perlu digaungkan.

Anggota Komisi X DPR RI, Mitra Fakhruddin mengatakan menongkrong sambil menikmati secangkir kopi menjadi tren kekinian. Banyak yang betah berlama-lama di warung-warung kopi atau kafe sambil berdiskusi dan sebagainya. Ini membuat warkop dan kafe menjamur.

“Hanya saja, banyak di antara kita yang lebih memilih menikmati kopi brand luar negeri. Memesan kopi Americano misalnya. Padahal kita punya kopi lokal juga yang mestinya jadi pride,” ungkapnya saat rapat dengan Menparekraf, Sandiaga Uno di Kompleks DPR RI.

Mitra berharap ada strategi khusus dari Kemenparekraf agar promosi kopi lokal ini bisa makin besar gaungnya. Sehingga brand-brand kopi lokal bisa makin bersaing dengan brand kopi luar negeri. Apalagi secara kualitas kopi lokal juga cukup bagus.

“Kita punya kopi Aceh, kopi Medan, kopi Toraja, kopi Kalosi, kopi Enrekang dan sebagainya. Ini sisa dibranding lebih bagus lagi agar bisa menjadi raja di negeri sendiri dan bersaing di pasar global,” bebernya.

Pihaknya juga mengapresiasi berbagai program Kemenparekraf. Termasuk teroboson-terobosan atau inovasi yang dilakukan di masa pandemi untuk memulihkan sektor pariwisata dan industri kreatif. Termasuk dengan menggalakkan program desa wisata.

“Saya kira ekonomi bisa kita bangkitkan dari desa-desa. Tentu dengan melibatkan pelaku-pelaku ekonomi kreatif setempat. Apalagi wisata saya kira multiplier effectnya cukup besar bila bisa kembali pulih,” jelasnya.

Menparekraf, Sandiaga Uno menuturkan warkop-warkop saat ini memang trennya cukup baik. Namun yang biasanya yang lebih banyak dipesan Americano, Cappucino padahal kopi lokal juga kualitasnya mendunia. Strategi branding kopi lokal ini yang sementara dirumuskan.

Komentar

VIDEO TERKINI