Inovasi Pertanian, Bupati Barru Sebut Bisa Dongkrak Produksi Padi

Sabtu, 11 September 2021 20:29

Suardi Saleh.

FAJAR.CO.ID, BARRU — Tingkatkan produksi padi, Pemkab Barru melalui dinas pertanian Kabupaten Barru terus melakukan terobosan. Salah satunya mekanisasi dan program luas tambah tanam (LTT).

Selain itu, juga dilakukan pencanangan tanam perdana IP-300 pada varietas M700, Kelompok Tani Pattembang Desa Tompo Kecamatan Barru Kabupaten Barru, Sabtu 11/9/2021.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si mengapresiasi Gerakan Pencanangan Penerapan Program IP-300 Padi Tahun 2021.

“Program ini merupakan inovasi yang baik, karena petani kita dapat menanam dan memanen padi tiga kali dalam setahun pada hamparan lahan sawah yang sama.”, jelasnya.

Lanjut Bupati, selaku Pemerintah Daerah akan selalu hadir dalam melakukan pembinaan, pendampingan serta membantu kelompok tani pada pengadaan benih padi yang berkualitas termasuk pengadaan sarana dan prasarana pertanian untuk meningkatkan usaha taninya terutama dalam meningkatkan kualitas produksi.

Bupati mengharapkan kepada petani untuk terus berpacu dalam usaha pertaniannya, ikuti petunjuk Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan jalin hubungan komunikasi yang baik serta segera laporkan kepada petugas pertanian apabila ada permasalahan di lapangan.

“Kami butuh data setiap kelompok tani, ini memudahkan kita melakukan monitoring, bantuan harus merata, Kami juga mengingatkan bantuan yang diberikan pemerintah bukan untuk Ketua tetapi untuk semua anggota kelompok, silahkan bekerja sama dalam kelompoknya untuk maju dan berhasil bersama”. harap bupati

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru Ir. Ahmad, MM menambahkan, komoditi tanaman pangan terbesar di Kabupaten Barru adalah tanaman padi, di mana produksi padi yang dihasilkan setiap tahunnya telah mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pertanian tanaman pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas pangan nasional sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan,” harap Ahmad.

Komentar

VIDEO TERKINI