Silaturahmi Perantau Sulawesi di AS, Makan Coto Makassar di Rumah Blasteran Bugis – Amerika

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, CONNECTICUT-- Perantau asal Sulawesi mengadakan pertemuan di rumah Rusdi Geno, Kota Hartford, Connecticut, salah satu negara bagian di Amerika, bertetangga dengan New York dan Massachusets.

Rusdi Geno merupakan seorang perantau asal Soppeng yang telah tinggal di Hartford sejak September 1991 setelah menikah putri pribumi Amerika, Melanie dan kini telah memiliki tiga putri blasteran Bugis-Amerika.

"Kami makan bersama keluarga Rusdi Geno di samping api unggun, dikelilingi dikelilingi pohon-pohonan yang rindang, dan udara dingin di awal musim Fall, sambil berbagi kisah awal kedatangan, dan suka-duka selama tinggal di kota Hartford," kata Mahasiswa Program Master Interreligious Studies di Hartford Seminary, Connecticut, Amerika, Muhammad Saleh Mude.

Saleh Mude sendiri sebagai pendatang baru disana yang tinggal selama satu setengah bulan.

Saleh mengatakan, acara malam itu terasa cukup berkesan karena tersedia menu ala Makassar, mulai Coto Makassar plus ketupat, sambal lengkap taucoknya, resep Ibu Debby; pallumara (nasu bale) bikinan Novi Andriani Saleh, dan mie titik dan mie goreng olahan Ibu Dedet.

"Sebelum makan dan berpisah, kami berbagi foto, dan bikin video, dan berharap suatu hari kami akan menggelar acara pementasan budaya, Indonesian Night atau Sulawesi Night," ujarnya.

Lanjut kata dia, pihaknya berencana mengundang rombongan Pemerintah Provinsi atau Rektor-rektor kampus terkemuka yang ada di Indonesia Timur untuk mengadakan perjalanan dinas dan tour, dengan membawakan serta rombongan kesenian daerah masing-masing, misalnya tim kesenian dari Sulawesi Selatan.

  • Bagikan