Dosen UNM Beri Pelatihan Pembuatan Media Tanam Jamur Tiram di Maros

Selasa, 14 September 2021 11:24

FAJAR.CO.ID, MAROS — Dosen program studi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pelatihan pembuatan media tanam jamur tiram.

Pelatihan tersebut ditujukan kepada ibu-ibu PKK di Desa Simbang, Maros.

Ketua tim pelaksana, Jamaluddin menyebut kegiatan ini merupakan bentuk pengaplikasian tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Pada kegiatan ini dilakukan pemberian materi dan demonstrasi mengenai pembuatan media tanam jamur tiram putih.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” ujar Jamal kepada fajar.co.id, Selasa (14/9/2021).

Ia pun menambahkan masyarakat cukup antusias dengan pelatihan ini.

“Semoga kedepannya kita masih bisa melaksanakan kegiatan seperti ini di daerah ini khususnya di desa Simbang,” lanjutnya.

Sementara itu, Irma ketua tim PKK menyebut pelatihan ini sangat membantu masyarakat. Sebab ini menjadi ilmu baru bagi mereka, khususnya untuk mengembangkan tanaman jamur tiram.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat membantu bagi ibu-ibu yang ada di desa Simbang karena melalui kegiatan ini mereka mendapatkan informasi dan pengetahuan baru tentang budidaya jamur tiram putih,” ucap Irma.

Kegiatan ini merupakan program kemitraan masyarakat (PKM) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM.

Program ini beranggotakan Dr. Jamaluddin P, MP sebagai ketua tim dan Ervi Novitasri, S.Pd., M.Pd, Nunik Lestari, S.TP., M.Si sebagai anggota.

Pada kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan sebelum kegiatan. (Zaki/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI