Pemkab Jeneponto Konsisten Dorong Kesetaraan Gender di Wilayah Privat dan Publik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO-- Pemerintah daerah kabupaten Jeneponto berupaya mendorong strategi dalam memperkuat pemberdayaan perempuan di sektor publik dan privat, Kamis (16/9/2021).

Hal tersebut disampaikan oleh wakil bupati H. Paris Yasir saat membuka acara Pendampingan/mentoring pelaksanaan pengarusutamaan gender bagi perangkat daerah kabupaten/kota tahun 2021.

Diketahui kegiatan Pendampingan/mentoring pelaksanaan pengarusutamaan gender bagi perangkat daerah kabupaten/kota tersebut akan terlaksana selama 2 (dua) hari kedepan yakni 16 sampai 17 September 2021.

Kegiatan yang terseleggara dengan protokol kesehatan secara ketat diruang pola panrannuanta tersebut diikuti oleh 4(empat) kabupaten yakni Selayar, Sinjai, Takalar dan Jeneponto selaku tuan rumah.

Kepala dinas pemberdayaan perempuan, Perlindungan Perlindungan Anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Fitriah zainuddin dalam sambutan menyebut sebagai upaya membangun kesetaraan gender pemerintah telah mengeluarkan strategi pembangunan yang dikenal dengan istilah pengarusutamaan gender (PUG).

Lebih lanjut Dr. Fitriah zainuddin menjelaskan istilah pengarusutamaan gender (PUG) adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan isu gender menjadi suatu isu integral dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program yang tepat.

"Pengarusutamaan gender dalam pembangunan menuju kesetaraan gender adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa ditawar lagi, semua sektor pembangunan baik pusat maupun daerah harus memberikan perhatian dan dukungannya,"tegas Dr. Fitriah.

  • Bagikan