PLTB Sidrap Raih Penghargaan Bergengsi di Ajang ASEAN Energy Award 2021

Kamis, 16 September 2021 07:51

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — ASEAN Center for Energy (ACE) menganugerahkan ASEAN Energy Awards 2021 kepada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap 75 MW di Sulawesi Selatan.

Hal ini sebagai pengakuan atas pencapaian besar dan kontribusinya terhadap praktik terbaik energi terbarukan di ASEAN.

Pemberian penghargaan ini disampaikan ACE secara virtual pada Rabu, 15 September 2021, kepada perusahaan multinasional UPC Renewables; pemilik sekaligus operator PLTB Sidrap 75 MW.

ASEAN Energy Awards adalah penghargaan paling bergengsi di Asia Tenggara terutama dalam hal keunggulan, kreativitas, kepraktisan, dan dedikasi serta penerapan praktik terbaik di bidang energi dan energi terbarukan yang pertama kali dilaksanakan pada 2000 lalu.

Ajang ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh ACE bekerja sama dengan ASEAN Specialized Energy Bodies (SEBs), khususnya Renewable Energy Sub-sektor Network (RE-SSN) untuk ASEAN Renewable Energy Project Awards.

Penghargaan untuk PLTB Sidrap tersebut mendapat respons positif dari Pemerintah, khususnya Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menyebut kalau hal itu sekaligus pencapaian buat Indonesia yang saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan transisi pemanfaatan sumber daya energi terbarukan.

“Ini perlu disambut baik dan harus dijadikan momentum agar Indonesia terus bergerak maju dengan proyek pemanfaatan sumber energi terbarukan, terlebih lagi dengan tujuan berkontribusi atas komitmen Indonesia mengurangi target emisi pada 2050 nanti,” kata Dadan Kusdiana, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM.

ASEAN Energy Awards sendiri juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi sektor swasta yang lebih besar serta mendorong perusahaan swasta di setiap negara anggota ASEAN (AMS) untuk meningkatkan teknologi energi serta mengembangkan solusi energi yang lebih bersih, serta khususnya, peningkatan porsi energi terbarukan dalam jaringan kelistrikan.

Komentar

VIDEO TERKINI