HUT Ke-76, PMI Maksimalkan Relawan untuk Genjot Giat Donor Darah

Jumat, 17 September 2021 17:59

Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Di peringatan HUT ke-76 yang jatuh pada 17 September 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar berkomitmen menggenjot giat donor darah.

Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI menyebut relawan yang kembali didorong untuk bertugas yakni Palang Merah Remaja (PMR) di tingkat pelajar. Dan mahasiswa yang tergabung dalam Korps Sukarela (KSR) PMI.

Mereka, dijelaskan pria yang akrab disapa Deng Ical ini, sempat terhalang menjadi relawan. Alasannya, karena pandemi Covid-19 pada tahun 2020 masih belum terkendali.

“Kalau kita ditahun ini memang komitmennya adalah bagaimana reaktivasi kelompok relawan karena kemarin kan pandemi itu hampir semua struktur relawan mati suri,” jelas Deng Ical, Jumat (17/09/2021).

Reaktivasi itu dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Salah satunya, dikatakan Deng Ical, karena sudah banyak pelajar dan mahasiswa yang telah divaksin.

“Kita komunikasi terus dan mudah-mudahan proses vaksin yang kita lakukan di semua perguruan tinggi itu juga bisa mendukung,” ujarnya.

“Semoga mereka bisa cepat belajar walau tidak semuanya 100 persen kapasitas tapi 50 persen sudah cukup,” tambah Mantan Wakil Wali Kota Makassar ini.

Selama ini, Deng Ical menilai bahwa relawan di sekolah dan perguruan tinggi menjadi salah satu penopang PMI dalam menyediakan stok kantong darah. Untuk itu, reaktivasi merupakan hal yang perlu.

“Kita kemarin mengalihkan ke komunitas dan TNI Polri, tapi Alhamdulillah ini sudah mulai ada perkuliahan, sudah mulai masuk sehingga kita melakukan reaktivasi relawan,” ucapnya.

“Termasuk itu juga poskonya kita. Kan biasanya itu diisi oleh teman-teman KSR dan tahun ini sudah mulai kembali,” tutup Deng Ical. (zaki/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI