Tinjau Vaksinasi di Lapas Narkotika Sungguminasa, Kakanwil: 80,92 Persen WBP Sudah Divaksin

Sabtu, 18 September 2021 18:34

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Harun Sulianto, meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Sungguminasa, Sabtu (18/9/2021).

Acara vaksinasi yang merupakan kerja sama pihak lapas dengan Politeknik Kesehatan Makassar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar menyediakan 425 vaksin.

Kakanwil Harun menyampaikan terima kasih kepada Wadir I Poltekkes Makassar Dr Rusli yang hadir di Lapas.

Berdasarkan data per 17 September 2021, dari 10.470 orang warga binaan, 4.363 orang telah divaksin dosis pertama dan 4.109 telah divaksin dosis lengkap (pertama dan kedua).

“Jadi sebanyak 80,92 persen warga binaan sudah divaksin. Kita terus lakukan koordinasi dengan pihak terkait agar seluruh WBP yang memenuhi syarat dapat divaksin,” kata Kakanwil Harun.

Menurut Kakanwil Harun, ada 13 Lapas/Rutan yang vaksinasinya di atas 90 persen, yakni Rutan Enrekang, Watansoppeng, Bantaeng, Sidenreng Rappang, Pinrang, Makale, Pangkajene, Sengkang, Barru, Malino, Lapas Parepare, Makassar dan Takalar,” lanjut Kakanwil.

Kalapas Narkotika Sungguminasa, Yusran Sa’ad, menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi kali ini kerjasama pihaknya dengan Poltekkes Makassar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar dan difasilitasi oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

Menurut Yusran, jumlah WBP saat ini sebanyak 1175 orang. Yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 343 orang dan dosis lengkap (vaksin pertama dan kedua) sebanyak 407 orang.

Sedangkan yang belum divaksin sama sekali sebanyak 425 orang. “Hari ini akan dilakukan vaksinasi dosis pertama kepada 425 orang warga binaan yang belum divaksin sama sekali,” terang Kalapas.

Sebelumnya, kata Yusran, pihak lapas juga telah bekerja sama dengan dinas kesehatan Kabupaten Gowa dan Pemprov Sulsel, TNI, dan Polri dalam melaksanakan vaksinasi.

Komentar

VIDEO TERKINI