Atasi Persoalan Harga Telur, Pasar Komoditi Segera Difungsikan

Selasa, 21 September 2021 19:34

IST

FAJAR.CO.ID, SIDRAP — Wakil Bupati Sidenreng Rappang, Mahmud Yusuf, memimpin rapat koordinasi membahas pemfungsian pasar komoditi beras dan telur di Pasar Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Selasa (21/9/2021).

Mahmud didampingi Asisten Perekonomian, Andi Faisal Ranggong, saat memimpin rapat di Ruang kerjanya, Lantai II Kantor Bupati Sidrap.

Rapat ini merupakan tindak lanjut rapat sehari sebelumnya membahas kondisi peternakan ayam di Kabupaten Sidrap. Di situ disebutkan, pasar komoditi merupakan salah satu langkah strategis menangani persoalan harga telur ayam saat ini.

Mahmud menyebut, sebagai salah penghasil komoditas telur terbesar di Indonesia timur, pemasaran telur di Kabupaten Sidrap seharusnya bukan lagi di terminal, tapi di pasar komoditi.

“Jadi kita benahi pasar ini untuk pedagang pada peternak. Pasar ini akan difungsikan setelah terbentuk satgas-nya secepat mungkin,” ujarnya.

Satgas sendiri nantinya terdiri unsur pemerintah, asosiasi peternak, dan pedagang. Satgas terlibat dalam penentuan harga telur, sehingga harga lebih terkontrol, jelas dan tidak sepihak.

Lebih lanjut Mahmud Yusuf menjelaskan, adanya pasar komoditi menjadi titik temu pedagang dan pembeli yang mempermudah pemasaran. Selain itu, informasi harga maupun stok barang dapat terpantau dengan cepat.

Di sisi lain, Mahmud mengingatkan perlunya persiapan matang sebelum para pedagang menempati pasar komoditi itu.

“Mulai dari rekayasa lalu lintas, sosialisasi ke pedagang, serta aturan pembagian kios dan perizinan. Jangan sampai ada makelar kios, hanya untuk disewakan, pembagian tempat nantinya harus mendahulukan pedagang yang ada saat ini,” ulasnya.

Mahmud berharap, rapat koordinasi yang dihadiri perwakilan peternak dan pedagang itu dapat melahirkan kesepahaman dan solusi terbaik mengatasi kendala peternakan ayam saat ini.

Komentar

VIDEO TERKINI